• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Sejumlah Titik Tanggul Sungai Di Tanjungtiga Kritis, Banjir Ancam Warga

    adminrevolusinews.id
    28 December 2022, December 28, 2022 WIB Last Updated 2022-12-28T09:10:14Z


    revolusinews.id Subang - Sejumlah titik tanggul sungai Ciasem yang masuk wilayah Desa Tanjungtiga Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang, Jawa Barat  dalam kondisi kritis. Menghawatirkan 


    Tanggul kritis tersebut sewaktu-waktu bisa jebol jika intensitas hujan tinggi terus mengguyur wilayah Subang dan sekitarnya sehinhga berakibat meluapnya  sungai Ciasem.


    Selain sejumlah titik tanggul alami kritis di wilayah ini diperparah dengan 5 pintu air di sepanjang tanggul berada di  Desa Tanjungtiga alami kerusakan dan tidak berfungsi. 


    Kepala Desa Tanjungtiga, M. Syukur mengatakan,  sepanjang 7,5 kilo meter mulai dari perbatasan Ciasem Hilir dengan Desa Tanjungtiga hingga ke wilayah utara berbatasan dengan laut saat ini masuk kategori kritis dan rawan jebol sehingga mengancam ratusan rumah yang berada di sekitar tanggul. Rabu (28/12/22).


    "Kondisi tanggul berada di aliran Sungai Ciasem sejumlah titik tanggul-tanggul tersebut berada tidak jauh dari pemukiman penduduk," jelasnya.


    Bahkan tanggul di Kali  Mati kondisinya mengkhawatirkan semakin terkikis kondisi lebar tanggul yang sebelumnya 5 hingga  10  meter kini hanya tinggal 2,5 meter akibat tergerus derasnya air sungai  Ciasem karena tanggul tersebut rawan lantaran letak tanggul yang berada di belokan aliran sungai Ciasem rawan dan berpotensi jebol, ungkap Syukur. 


    Dikatakan Syukur, apalagi di musim hujan saat ini ketika hujan deras di wilayah Subang bagian  Selatan dan sekitarnya  sungai ciasem sering meluap dan Desa Tanjungtiga termasuk salah satu Desa di wilayah Utara Subang daerah langganan banjir, kondisi ini membuat warga sekitar waswas karena khawatir air kiriman luapan Sungai Ciasem menjebol tanggul.


    "Di sekitar tanggul di Sungai Ciasem  terdapat ratusan rumah. Bila jebol, ribuan rumah warga dan ratusan hektar areal pertanian di desa tersebut  akan terdampak, diterjang banjir, Kiamat Kecil Desa Tanjungtiga, tandasnya.


    Ditambahkan M. Syukur tanggul yang rawan jebol di Kali Mati di aliran Sungai Ciasem  Tanggul tersebut sudah pernah di tanggulangi dengan  dibangun bronjong namun tak bertahan lama, kini sudah ambruk  kembali hingga saat ini belum ada perbaikan terhadap tanggul tersebut.


    Dari sekian tanggul yang kritis,  menyebutkan tanggul  di Kali Mati di Sungai Ciasem yang paling rawan jebol. Dan semakin tergerus, lanjutnya.


    "Kami atas nama Pemerintah Desa Tanjungtiga minta pihak pihak terkait untuk segera memperbaiki tanggul kritis dengan dilakukan peninggian dan pelebaran tanggul serta melakukan penyodetan Sungai Ciasem sehingga   banjir luapan sungai Ciasem bisa diminimalisir "harapnya. (ahd)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini