• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Kades Pasirtalaga Ajak Warganya Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

    adminrevolusinews.id
    15 June 2022, June 15, 2022 WIB Last Updated 2022-06-15T12:33:06Z


    revolusinews.id KarawangKepala Desa Pasirtalaga, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang mengajak warganya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan pada acara Minggon Desa, Rabu (15/06/22) di Aula Desa Pasirtalaga.


    Perilaku hidup bersih sehat (PHBS) merupakan upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku guna membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu mempraktekkan PHBS melalui pendekatan pimpinan, bina suasana dan pemberdayaan masyarakat.


    (Saat laksanakan simulasi PHBS)
    Sekdes Pasirtalaga, Rosadi saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, dia bersyukur pada hari ini kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemdes Pasirtalaga serta Kades Pasirtalaga Hj. Yani Utari Indrayani mengajak kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang untuk memberikan materi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),jwlasnya.

     

    “Materi ini disampaikan, lanjut Rosadi,  kepada seluruh perangkat desa dihadiri juga oleh BPD, LPM dan PKK kemudian dari Puskesmas dan Bidan Desa agar diserap terkait ilmu prilaku hidup bersih dan sehat sehingga aparatur Desa Pasirtalaga bisa mentransfer ilmu dari materi yang disampaikan oleh narasumber dari Dinkes Karawang. Oleh karena itu berharap dari materi yang disampaikan oleh narasumber tersebut menjadi bekal untuk seluruh aparatur desa Pasirtalaga untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan baik dalam lingkungan keluarga ataupun masyarakat sehingga secara keseluruhan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat ini dapat dilaksanakan atau dilakukan oleh masyarakat di Desa Pasirtalaga karena memang  sesuai dengan program Desa Pasirtalaga yaitu Pasirtalaga Sehat,” jelasnya.

     

    Jika kita melihat dari data di Pusekmas dan kebetulan memang data PHBS ini sangat minim karena sifatnya hanya sampling (contoh-red) dan tidak mewakili secara keseluruhan desa di Kecamatan Telagasari tetapi paling tidak ada  indikator bahwa kita mengadakan simulasi yang dilaksanakan oleh perangkat sehingga disitu sampling yang menandakan bahwa prilaku hidup sehat dan bersih itu menunjukkan diangka sekitar 30-40 persen artinya dalam posisi tersebut memang perlu adanya perbaikan-perbaikan tentang prilaku hidup bersih dan sehat baik dilingkungan  keluarga maupun masyarakat dan khususnya di Desa Pasirtalaga ini, ungkap Sekdes.

     

    “Di Desa Pasirtalaga ini sesuai dengan Progaram Pasirtalaga Sehat itu Cerdas, Mandiri dan Sejahtera, mudah-mudahan ada tindakan kelanjutan dari Pemdes Pasirtalaga dan harapannya itu kita bisa meminimalisir mengurangi dari pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga presentase yang diharapkan di dapat itu paling tidak di angka 70-80 persen,” tandas Rosadi pada revolusinews.id. (yopie iskandar)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini