CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Petani Di Subang Gagal Panen Usai Hama Penggerek Batang Menyerang Areal Pertanian

adminrevolusinews.id
6/03/23, 12:00 WIB Last Updated 2023-06-07T15:29:08Z


revolusinews.id Karawang - Petani di wilayah Utara Kabupaten Subang Jawa Barat   sebagian besar  gagal panen, usai hama penggerek batang atau hama Sundep  menyerang areal pertanian milik petani.(03/06/23).


Serangan Hama Sundep banyak bulir padi yang mereka tanam kosong dan daun tanaman padi gosong kering.


Meski sebagian petani bisa panenpun  hasil panen  hanya bisa mendapatkan padi sekitar tiga hingga  lima kuintal  dalam satu hektare sawah.


Keadaan itu dialami para petani di Blok Pesawahan Grinting, Desa Cilamaya Girang , Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang.

Di lokasi persawahan ini 40 hektar sawah  mengalami gagal panen akibat padi yang ditanamnya tidak berbuah dan mati setelah diserang hama.penggerek batang atau Sundep.


Kondisi tersebut diperparah dengan kurangnya pasokan air. Kondisi tersebut  berdampak pada pendapatan hasil panen padi para petani turun drastis Bahkan kekecewaan sebagian  petani tanaman padi yang kering terpaksa di bakar.


Salah seorang petani Ade mengaku panen musim ini kali ini dirinya hanya bisa mendapatkan tiga kwintal  saja dalam satu hektar .


"Musim ini sebagian besar petani Gagal panen  akibat tanaman padi diserang hama sundep dan kekurangan air  akubat sejumlah saluran alami pendangkalan sudah bertahun tahun tak kunjung di normalisasi "ujar Ade.


Sementara itu, Aroji  mengaku prihatin dengan gagal panen para petani di daerah ini dari luas areal 73 hektar hampur separonya sawah gagal panen akibat serangan hama sundep dan kekurangan pasokan air.


"Saya harap dinas terkait  segera turun tangan  dalam menangani permasalahan pertanian,yang ada di persawahan gringting untuk segera menormalisasi saluran air "ungkap Aroji. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+