CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Para Petani Langensari Terancam Gagal Panen Akibat Serangan Hama Sundep

adminrevolusinews.id
5/21/23, 13:00 WIB Last Updated 2023-05-21T12:11:00Z

revolusinews.id Subang - Hama Sundep atau Ulat Penggerek Batang Serang puluhan hektare tanaman padi  milik petani di Desa Langensari, Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat.


Akibat serangan hama penggerek batang atau sundep   tanaman padi yang baru berumur 30 hari hingga 40 hari pertumbuhannya tidak maksimal.


Hama sundep yang menyerang tanaman padi petani di blok persawahan Gempol  menyerang bagian daun padi masih muda. Kemudian menggerek bagian batang atas hingga turun ke bawah, hingga daun padi menguning dan kering hingga tanaman padi mati .


Tami petani Langensari mengatakan, bahwa hama sundep atau  penggerek batang  itu sudah menyerang lahan sawah petani sejak dua pekan terakhir para petani.

 
Untuk mengatasi serangan tidak lebih parah, petani berusaha melakukan penyemprotan racun pestisida. Namun belum membuahkan hasil optimal ," ujarnya.


Serangan sundep yang kian masif areal persawahan di serang hama sundep semakin meluas  saat ini para petani mulai kebingungan, sudah mengeluarkan biaya lebih untuk penanggulangan  serangan hama sundep  mulai  dilakukan  penyemprotan insektisida tidak juga menunjukkan tanda-tanda hilangnya hama tersebut, ungkap Tami.


Jika kondisi serangan hama sundep tak kunjung berhasil di tanggulangi  hampir dipastikan para petani terancam merugi  jutaan rupiah dan gagal panen, tandasnya. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+