• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Warga Desa Ciasem Tengah Khawatirkan Tanggul Kali Cijengkol Jebol

    adminrevolusinews.id
    30 December 2022, December 30, 2022 WIB Last Updated 2022-12-30T13:32:28Z


    revolusinews.id Subang - Warga Desa Ciasem Tengah, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat  merasa khawatir  tanggul  yang dilintasi kali Cijengkol yang bermuara ke Sungai Ciasem kondisi kritis.


    Warga minta otoritas terkait segera memperbaiki tanggul secara permanen  untuk  mengantisipasi mencegah banjir seperti yang terjadi pada akhir l tahun 2019 lalu.


    "Kami mohon otoritas terkait  tanggul  segera diperbaiki secara permanen , kami tidak ingin menjadi korban banjir besar lagi seperti yang terjadi 2  tahun lalu, karena saat ini tanggul sepanjang 40 meter dilakukan perbaikan sementara  namun  saat ini kondisi tanggul alami kritis  bahkan ketika kali cijengkol meluap sudah banyak bocoran air merembes ," kata Asnim Warga Desa Ciasem Tengah Jumat (30/12/2022)


    Ditempat yang sama Kasim  mengaku kondisi tanggul yang berada di Dusun Krajan Timur Desa Ciasem Tengah kondisinya  sudah terbilang kritis sebagian sudah amblas kembali dan berpotensi jebol bahkan tembok penahan tanah sepanjang 5 meter pun sudah  ambruk


    "Kondisi  tanggul saat ini terbilang  kritis.bahkan sebagian sudah banyak amblas diterjang derasnya air kali cijengkol., kalau ada hujan deras atau air kali cijengkol dan sungai Ciasem meluap, pasti banjir lagi apalagi sekarang  memasuki musim hujan ," katanya.


    Sekertaris Camat H. Alex Nursalam  mengatakan, pihak Kecamatan Ciasem bukan tidak memperhatikan situasi dan kondisi tanggul yang berada di Desa Ciasem tengah  karena regulasi dan  kewenangan  ada pada BBWS.


    Bahkan pihaknya  sudah menyampaikan pada rapat koordinasi ditingkat Kabupaten Subang  terkait kondisi tanggul yang berada di Desa Ciasem Tengah saat ini kondisinya terbilang kritis  perlu di lakukan perbaikan secara permanen 


    "Semoga pihak BBWSC bisa segera merespon kondisi tanggul dilakukan perbaikan secara permanen ini juga sesuai hasil rapat koordinasi penanganan bencana tingkat Kabupaten Subang yang telah di sampaikan beberapa waktu   lalu," kata Alex Nursallam 


    Di katakan Alex Nursallam  agar perbaikan tanggul dilakukan sesegera mungkin atau awal  tahun ini mengingat kondisi tanggul yang semakin memprihatinkan dalam kondisi terbilang kritis 


    "Kami mohon segera ada perbaikan signifikan dan permanen terhadap lokasi tanggul kritis  yang ada di Desa Ciasem Tengah, "tegasnya.


    Diketahui pada akhir tahun 2019 lalu banjir setinggi satu hingga  dua meter lebih menerjang Dusun Krajan Timur, Desa Ciasem Tengah akibat diterjang derasnya air kali Cijengkol sehingga menyebabkan jebolnya  tanggul sepanjang 40 meter merendam ratusan permukiman warga sekitar. (ahd)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini