• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Ratusan Nelayan Pantura Subang Sambut Gembira Ruwat Laut

    adminrevolusinews.id
    13 November 2022, November 13, 2022 WIB Last Updated 2022-11-15T14:33:25Z


    revolusinews.id Subang - Ruwat Laut sebagai wujud rasa syukur nelayan  atas berkah  melimpah tangkapan ikan bagi warga  nelayan pesisir pantura di gelar seriap tahun  di Blanakan, Kabupaten Subang. Ruwat laut digelar KUD Mandiri Mina Fajar Sidik pada Minggu (13/11/22).

    Ribuan warga dan nelayan sejak pagi  tumpah ruah berkumpul di sekitar Tempat Pelelangan Ikan KUD Mina Fajar Sidik. Warga antusias meneriahkan setelah dua tahun tidak menggelar ruwat laut semeriah ini karena pandemi covid-19


    Prosesi ruwat laut di mulai setelah replika perahu dongdang berisi kepala kerbau dan sesaji serta darah kerbau di simpan dalam perahu dongdang. Setelah itu  Dongdang berbentuk replika  perahu tersebut digotong ramai-ramai ke atas perahu dan bersiap siap hendak di bawa ke tengah lautuntuk di larung. Di belakangnya diikuti lebih dari seratus perahu lainnya mengiringi.


    Perahu yang mengiringi perahu dongdang  ditumpangi para nelayan itu telah dihias, dengan di gantungkanya aneka jajanan, minuman ringan dan makanan ringan kemasan. Puluhan perahu nelayan mulai mendekat ke perahu utama yang membawa dongdang. Setelah memasuki laut lepas. Demi keselamatan petugas aparat Polairud dan   Pemandu  berteriak-teriak agar mereka jangan mendekat ke kapal utama yang membawa dongdang  menghalau nelayan yang membawa kapalnya, karena rawan perahu menabrak atau terjadinya kecelakaan.


    Setelah dirasakan aman  dondang replika perahu  dilarung ke laut. Seketika itu ratusan nelayan isi dongdang menjadi rebutan nelayan berenang merebutkan isi dongdang . Mereka mempercayai seluruh isi dalam dongdang bisa membawa berkah  usaha melaut dan tolak bala, kemudian meteka kembali ke dermaga dengan beriringan ratusan kapal nelayan. 


    Dasam, Ketua  KUD Mina Mandiri Fajar Sidik Blanakan  mengatakan ruwat laut ke 55 tahun 2022  merupakan bentuk rasa syukur nelayan atas melimpahnya hasil tangkapan ikan . "tradisi pesta laut ini nentuk rasa syukur belayan atas melimpahnya tangkapan ikan sehingga di harapjan dengan adanya ruwat laut dan hasil tangkapan ikan melimpah bisa mensejahtrakan nelayan," ujarnya. 


    Sementara itu Maman Suherman Nelayan Blanakan mengaku dengan adanta ruwat laut merupakan pestanya para nelayan "alhamdulillah kita panjatkan syukur ke Allah swt atas tangkapan ikan alami kenaikan 30 prosen semoga para nelayan bisa lebih sejahtra dan dengan ruwat laut selaun wujud syukur juga sebagai lokak bala," ucapnya 


    Dalam kegiatan ruwat laut selain di gelar pagelaran wayang kulit juga di gelar berbagai pertandingan olah raga Volley ball, sepak bola, tenis meja dan hiburan lainnya khas pantura serta pasar malam. (ahd)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini