CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Pemdes Muara Laksanakan Normalisasi Tiga Saluran Air Diwilayah Areal Tambak

adminrevolusinews.id
11/20/23, 13:00 WIB Last Updated 2023-11-20T09:50:13Z


revolusinews id Subang - Dampak kekeringan akibat kemarau panjang atau El Nino berupa mengakibatkan  pendangkalan sejumlah saluran di Desa Muara, Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat  kini mulai teratasi.


Sejumlah saluran irigasi dan saluran  di areal tambak  kini mulai lancar usai dinormalisasi secara gotong-royong masyarakat bersama Pemerintah Desa setempat.


Pemerintah Desa Muara menormalisasi 3 saluran irigasi dan saluran air   yang  berada di areal tambak alami pendangkalan  di normalisasi sepanjang satu kilo meter  hingga membuat air sudah mulai lancar ke areal petani tambak .


"Alhamdulilah pendangkalan  di tiga saluran di wilayah areal tambak Desa Muara  kondisi saluran  air sudah mulai lancar tak alami pendangkalan setelah di lakukan pengangkatan lumpur meski menggunakan tenaga dan alat manual,"ujar A Lili Mulyana Sekertaris Desa Muara. Senin ( 20/11/23 ).




Lili Mulyana menyebutkan, puluhan  petani pembudidaya tambak yang turun membantu melakukan normalisasi berupa pengangkatan lumpur di tiga  saluran irigasi. yang ada di areal tambak  dengan menggunakan alat seperti cangkul dan pengki  untuk menggali dan mengangkat lumpur di saluran irigasi tersebut, katanya.


Ditambahkan Lili, meskipun belum maksimal, dalam upaya normalisasi saluran dalam upaya pencegahan banjir memasuki musim penghujan karena di   memprediksi jika di awal bulan  Desember 2023 ini sudah mulai memasuki musim penghujan. 


Diketahui, data dari Pemerintah Desa Muara  tiga saluran sekunder yang ada di Desa Muara alami pendangkalan   akibat kemarau panjang dampak dari fenomena El Nino. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+