CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Belasan Kader PKK seKecamatan Majalaya Antusias Ikuti Pelatihan Tata Boga Dari Disnakertrans Karawang

adminrevolusinews.id
10/31/23, 12:00 WIB Last Updated 2023-11-01T14:14:45Z


revolusinews.id Karawang - Dihari kedua pada Selasa (31/10/23) bertempat di Aula Kecamatan Majalaya dilaksanakan kegiatan Pelatihan Tata Boga TP PKK Desa  seKecamatan Majalaya,Kabupaten Karawang yang diselenggarakan oleh BLK Disnakertrans Karawang.


Antusiasme peserta pelatihan sejak hari pertama hingga hari kedua tidak berkurang. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya seluruh peserta secara lengkap yang berjumlah  16 orang serta keseluruhan peserta mengikuti acara hingga selesai. Dihari pertama pembuatan getuk lindri dan singkong thailand, hari kedua empek empek dan otak otak serta hari ketiga olahan jambu cristal yaitu keripik jambu cristal dan asinan jambu cristal,  Rabu besok (01/11/23).


Ketua TP PKK Desa Pasirmulya, Helia Herfiana disela-sela pelatihan mengatakan, menurut saya dengan pelatihan kewirausahaan ini Alhamdulillah bisa menambah ilmu untuk saya pribadi tentunya dan untuk kader-kader saya juga dan Insyaallah untuk desa saya sendiri bisa membangun UMKM barunya juga.



Harapan saya bisa membangun UMKM -UMKM baru  bisa menjadi potensi baru. Serta rencana saya kedepan untuk desa melaksanakan pelatihan-pelatihan seperti ini untuk menambah ilmu untuk masyarakat Desa Pasirmulya juga untuk para kader PKK Desa, harapnya.


Imbauan saya kepada para Kader PKK Desa untuk lebih semangat lagi, dijaman sekarang jangan berleha-leha karena untuk mencapai sukses kita harus terus semangat dan bekerja keras, tandas Helia Herfiana.


Ditempat yang sama Ketua TP PKK Desa Bengle, Endang mengatakan, tentunya pelatihan ini sangat bagus dan sangat bermanfaat khususnya buat saya dan kader saya serta nanti akan kita tularkan juga kepada para UMKM di Desa Bengle. 


Dan ilmunya otodidak dengan adanya pelatihan seperti ini banyak ilmu yg kita serap darisini dan tentunya untuk kedepannya nanti harapan kita bisa menambah peningkatan UMKM yang ada di wilayah desa saya, lanjutnya.


Di Bengle sendiri UMKM sangat banyak karena bermacam-macam juga kita kebanyakan yang setelah covid juga malah membangun UMKM kemandirian ibu-ibu dan kami juga sudah sering mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi dan Alhamdulillah UMKM kami produksi hasilnya sudah ada di koperasi Karawang di outlet kerajinan dan di outlet-outlet makanan khas Karawang sudah ada dari Bengle, ungkap Endang.




Ditempat terpisah Ketua TP PKK Kecamatan Majalaya, Dewi Wahyuni saat diwawancara revolusinews.id mengatakan, program pelatihan kewirausahaan tataboga dari BLK Disnakertrans Karawang dijadwalkan selama beberapa hari dimulai dari hari Senin (30/10/23) sampai dengan selesai.


Pelatihan tataboga ini, lanjut Dewi, dengan bahan dasar singkong, ikan dan jambu kristal, mengangkat produk lokal yang ada dikecamatan Majalaya.


(Getuk Lindri salah satu hasil pelatihan tataboga)


Tujuan pelatihan ini pertama untuk meningkatkan kemampuan kompetensi kader PKK, yang kedua menggali produk unggulan desa yang berbahan dasar singkong, ikan dan jambu kristal, yang ketiga meningkatkan perekonomian masyarakat desa seKecamatan Majalaya, ungkap Dewi.


Peserta pelatihan diikuti 16 orang terdiri dari Ketua PKK Desa beserta anggotanya. Kegiatan pelatihan ini ada di 10 program pokok PKK nomor 3 yaitu Pangan, masuk ke program kerja Pokja 3 dan nomor 6 yaitu pendidikan dan keterampilan masuk ke program kerja Pokja 2. Untuk mengembangkan usaha di masyarakat lingkungan kecamatan khususnya di desa-desa seKecamatan Majalaya, pungkas Ketua TP PKK Kecamatan Majalaya.(yopie iskandar)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+