CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Rohim Warga Blanakan Berburu Padi Singgang Untuk Kebutuhan Pangannya Sehari-hari

adminrevolusinews.id
5/12/23, 14:10 WIB Last Updated 2023-05-12T12:28:13Z

revolusinews.id Subang - Di masa sulit seperti saat ini  tak ada rotan akarpun jadi tak punya sawah namun bisa panen padi  , ada banyak alternatif untuk tetap dapat mencukupi kebutuhan pangan. Di Pantura Subang pasca  panen padi  areal persawahan ditumbuhi padi singgang menjadi buruan warga pemetik padi singgang. 

 

Seperti yang dilakukan Rohim  (58).warga Desa Jayamukti, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, beberapa pekan setelah berakhirnya  musim panen, Rohim  berburu padi  singgang.Padi Singgang adalah padi yang tumbuh kembali setelah dipanen. Biasanya padi  singgang tumbuh antara 30 sampai 40 hari setelah panen di lokasi persawahan yang masih berair. Para pemetik padi singgang mereka sudah mengetahui  sawah yang sudah panen sehingga mereka mengetahui areal persawahan ditumbuhi   singgang sudah tua.

 

Menurut Rohim nyari padi singgang selalu berpindah-pindah dimana areal persawahan singgangnya tua, baru di panen. Dari  hasil ngasag singgang hanya untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Ujar Rohim.
 

Dalam sehari dia mengaku memperoleh singgang basah bisa sampai satu hingga dua karung, karena dipetik dengan tangkai padi  setelah terkumpul  singgang kemudian di rontok oleh alat rontokan dan setelah itu di jemur kemudian singgang di bawa kepenggilingan padi, jelasnya. 

 

Rohim bukan satu-satunya orang yang berburu singgang di areal persawahan yang ada di  Kecamatan Blanakan,  masih ada beberapa orang lain yang menggantungkan pangan pada singgang. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+