CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Tebing Sungai Ciasem Sudah Tergerus Dan Longsor, Warga Desa Ciasem Hilir Khawatirkan Jebol

adminrevolusinews.id
3/06/23, 13:10 WIB Last Updated 2023-03-06T11:47:56Z

 

revolusinews.id Subang - Di akibatkan sering terendam banjir, sejumlah titik tanggul di aliran sungai Ciasem yang masuk ke wilayah Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, kondisinya kritis dan  memprihatinkan. Kondisi tebing sungai Ciasem tergerus dan longsor usai di hantam derasnya air. Di Desa Ciasem Hilir tebing sungai Ciasem sudah tergerus  sepanjang 50 meter dengan lebar 15 meter.



Bahkan tebing kian melebar ke tanggul,  kini dari sebelumnya lebar 5 meter saat ini lebarnya kurang dari satu meter. Kondisi ini membuat warga khawatir dan was-was banjir menjadi ancaman bagi warga sekitar, karena dikhawatirkan jebol dan mengakibatkan banjir di pemukiman mereka, selain itu  dampak tanggul tergerus, tanggul tak bisa di lintasi warga yang menggubakan sepeda motor, Senin ( 06/3/23).


Rahmat warga Desa Ciasem Hilir  membenarkan terkait hal itu, bahwa kondisi tanggul di Desa Ciasem Hilir kritis tergerus derasnya air sungai Ciasem. 

 

 "Tanggul di aliran sungai yang masuk wilayah Desa Ciasem Hilir satu  titik tanggul  yang kondisinya mengkhawatirkan. Kalau dibiarkan, sewaktu-waktu bisa jebol. Apalagi, saat ini air sungai Ciasem sering  meningkat," ujarnya.



Hal senada dikatakan  Erlin (50 ) tahun mengatakan selain kondisi tanggul yang sudah kritis di aliran sungai Ciasem sejumlah titik tebing sungai dan tanggul mulai terancam  intensitas hujan saat ini juga sedang tinggi. Dikhawatirkan tanggul yang kritis tersebut tidak bisa menahan tekanan air karena debitnya sedang naik.Tanggul kritis tersebut sewaktu- waktu bisa jebol, apalagi jika intensitas hujan tinggi yang terus mengguyur wilayah Subang sungai Ciasem meluap.

 
"Kondisi tanggul-ini berada tidak jauh dari pemukiman penduduk. Jika dibiarkan banjir ancam permukiman," ungkapnya.


Kini warga Desa Ciasem Hilir  mendesak pihak-pihak terkait untuk segera memperbaiki tanggul kritis di wilayah Ciasem Hilir  dengan dilakukan peninggian dan pelebaran tanggul, harap Erlin. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+