CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Masyarakat dan Petani Desa Muara Baru Lestarikan Sedekah Bumi Sebagai Bentuk Syukur Nikmat

adminrevolusinews.id
12/12/22, 13:45 WIB Last Updated 2022-12-12T13:49:51Z


revolusinews.id Karawang - Tradisi sedekah bumi atau ruat bumi merupakan tradisi peninggalan para orang tua kita sebagai wujud rasa syukur atas semua nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dari hasil bumi yang kita olah. 


Pada hari Senin (12/12/2022) bertempat di Dusun Satar, Desa Muara Baru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, digelar acara sedekah bumi yang diisi dengan acara baritan dan pertunjukan wayang kuli Langgen Kusuma Putra  dari Loh bener Indramayu dengan Ki Dalang H. Anom Rusmanto. 


"Kegiatan sedekah bumi sudah sekitar 30 tahun tidak pernah ada, maka kami bertujuan untuk melestarikan tradisi sebagai wujud syukur nikmat atas semua yang telah diberikan Allah SWT," jelas Karsad (Sejo), Ketua Panitia Sedekah Bumi Desa Muara Baru.(12/12/2022) 


Masyarakat antusias melihat pertunjukan wayang kulit dan mengikuti prosesi baritan yaitu masyarakat mengumpulkan makanan berupa nasi tumpeng, ayam panggang, ikan, telor dan lain-lain untuk kemudian dibagikan dan dimakan bersama. 


"Acara ini terselenggara atasi inisiatif dan dukungan warga masyarakat Desa Muara Baru dan petani penggarap yang memiliki lahan sawah di wilayah Desa Muara Baru," ungkap Kusman Mas Peci, Humas Panitia Sedekah Bumi Desa Muara. 


Diharapkan dengan bentuk syukur dan berbagi nikmat serta kebersamaan akan mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera.(nanang suparman)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+