• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Aparatur Kelurahan Nagasari Karawang Gelar Festival Kaulinan Barudak Lembur

    adminrevolusinews.id
    10 September 2022, September 10, 2022 WIB Last Updated 2022-09-10T12:32:18Z


    revolusinews.id Karawang - Guna melestarikan permainan tradisional anak khas Jawa Barat yang mulai dilupakan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Aparatur Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang  menggelar Festival Kaulinan Budak 2022 yang dipusatkan di lapangan Taman Bermain anak Blok Dipo Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat.


    Pesertanya merupakan perwakilan pelajar Sekolah Dasar dari masing-masing perwakilan Rukun Warga se-Kelurahan Nagasari. Adapun festival yang dilombakan antara lain, egrang, galah asin, rorodaan, gangsing dan permainan anak ~ anak jaman dulu lainnya.


    Setiap panitia maupun peserta diwajibkan mengenakan pakaian kampret (adat sunda) dan iket sunda di kepalanya.


    Kepala Kelurahan Nagasari, Ade Sukardi Spd, dalam hal ini di wakili oleh Mantri Polisi (MP) Kelurahan Nagasari  Hasbulah MSi mengatakan, pelaksanaan festival kaulinan budak 2022 ini dalam  rangka memperingati hari jadi Kabupaten Karawang  ke 389 tahun 2022 yang jatuh setiap tanggal 14 September.


    "Kegiatan ini juga dimaksudkan dalam rangka melestarikan budaya sunda. Yakni berupa permainan anak-anak zaman dahulu yang biasa dimainkan dan sekarang hampir punah tergantikan dengan permainan serba modern," paparnya.


    Pihak LPM dan Kelurahan Nagasari sendiri merasa kecewa dengan hampir punahnya permainan anak zaman dahulu yang penuh makna dalam setiap permainannya.


    "Nah lomba ini juga sekaligus dalam rangka merefleksikan permainan zaman dahulu, dengan menjaga warisan budaya sunda yang hampir dilupakan generasi anak zaman sekarang," tuturnya.


    Sementara di sela ~ sela acara festival, salah satu tokoh budaya Karawang, Wawas Sastra Atmaja atau lebih akrab di panggil Kang Wawas selaku penanggungjawab kegiatan menjelaskan, festival kaulinan barudak 2022 ini bertujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional Provinsi Jawa Barat yang merupakan warisan budaya kepada anak-anak. Selain itu festival tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan para orang tua akan permainan di masa lalu yang kini sudah hilang. (red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini