• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Potensi Perikanan Laut dan Tambak di Gangga Blanakan Butuh Dukungan Infrastruktur

    adminrevolusinews.id
    15 July 2022, July 15, 2022 WIB Last Updated 2022-07-15T13:14:24Z


    revolusinews.id Subang - Wilayah Kabupaten Subang di bagian utara merupakan wilayah pesisir pantai utara pulau Jawa yang memiliki potensi baik Perikanan laut maupun pertanian tambak.


    Salah satunya di Dusun Gangga, Desa Rawameneng, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, selain masyarakatnya sebagian bermata pencaharian sebagai nelayan dan sebagian lagi sebagai petani tambak.


    "Salah satu komoditas andalan nelayan di wilayah ini adalah kerang laut," ucap Ato, Sekretaris KUD Mina Karya Baru Rawameneng yang memiliki omset rata-rata sekitar Rp. 20 juta perbulan.( 15/07/2022)


    Nelayan anggota KUD Mina Karya Baru sebagian besar merupakan nelayan harian dan hal ini merupakan keunggulan dari tempat lain karena ikan laut yang ditangkap masih segar dan tidak melalui proses penyimpanan dengan menggunakan es amauoun freezer terlebih dahulu.


    "Namun dalam satu bulan terakhir, produksi Perikanan laut mengalami penurunan diakibatkan faktor cuaca sedangkan untuk petani tambak juga sempat mengalami gagal panen akibat rob beberapa bulan yang lalu," jelas Ato.


    Selain kurangnya permodalan, Ato juga memaparkan bahwa anggota KUD Mina Karya Baru Rawameneng yang terdiri dari nelayan dan petani tambak juga mengeluhkan sarana prasana terutama jalan akses dari jalan utama menuju lokasi pelelangan.


    "Pihak KUD Mina Karya Baru Rawameneng sementara ini menampung keinginan anggota dan menyampaikan ke instansi terkait untuk pembangunan infrastruktur yang akan menunjang aktifitas pelelangan," ungkap Ato.


    Nelayan, petani tambak maupun pedagang ikan anggota KUD Karya Baru Rawameneng berharap pembangunan infrastruktur jalan akses menuju pelelangan dapat segera terealisasi karena hal tersebut akan memperlancar aktifitas perekonomian di wilayah tersebut.(nanang suparman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini