• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Laskar Cahaya Timur Indonesia Gelar Malam Sastra Karawang

    adminrevolusinews.id
    02 July 2022, July 02, 2022 WIB Last Updated 2022-07-03T16:21:59Z


    revolusinews.id Karawang - LCTI (Laskar Cahaya Timur Indonesia) sebagai organisasi Relawan Jokowi yang memulai aktivitasnya di taun 2012, berorientasi mengawal kebijakan-kebijakan program pemerintah era Jokowi, serta aktivitas lain adalah turut membangun wilayah seni dan budaya, dan salah satu gagasan yang terselenggara yakni "Malam Sastra Karawang", (2/7/2022).


    Acara yang digagas LCTI pusat dan wilayah Kabupaten Karawang, disuport oleh WAGASI, NUA Cafe dan beberapa penyair dan budayawan Karawang, diantaranya; Jojon Pistol, Mou, Farid, Uwa Henhen, Jack Haris, Toto Yao, Pedoc, Jun Biull, Iman Klasik, Tania, Marchela, Éndang, Garry Opik, Fauzi R.


    Bang Daenk Nusantara Dadang Karta Wijaya dengan sapaan akrabnya Bang Daenk Nusantara yang juga Ketua Umum LCTI, menjelaskan, ditengarai bahwa LCTI berupaya menggali potensi lokal, sumber daya  dan potensi teman-teman di daerah di Indonesia, semisal dengan menggelar acara Malam Sastra," ujar Daenk, di sela-sela acara, di Pasar Kuliner Rawasari, Jalan AR Hakim - seberang stasiun Karawang Kota.


    Kenapa sastra? "Lantararan jenis kegiatan pembacaan karya sastra (puisi) seperti tidak terdengar," tambah Daenk.


    Dan sesungguhnya, lanjutnya,  even tersebut lebih disuguhkan pada sastrawan-sastrawan muda, kaula remaja, sebagai ajang dialog budaya, dan sastra - cabang seni yang tidak begitu populis di Kabupaten Karawang. Padahal, keterkaitan antara seni (sastra) dengan peradaban suatu bangsa (daerah) dapat berpengaruh pada psikologis roda pembangunan, diharapkan ini ada nilai plus untuk kemajuan Karawang ke depan, tandas Daenk.


    Ditempat yang sama Ketua Korwil LCTI Kabupaten Karawan Kang Agus 'Jovil' Ferdiansyah menambahkan, "Tentu saja acara gelar karya sastra tersebut dilakukan secara berkala dan akan menjaring penyair-penyair muda berbakat atau mereka yang gandrung sastra -  pembaca puisi," tambahnya.


    Ini akan tepat sasaran, lantaran kerja-kerja  kebudayaan menuntut kontinuitas serta kearifan, gotongroyong, kerjasama antar lintas disiplin, serta melibatkan banyak talenta, upaya kerja budaya LCTI tersebut didukung banyak kalangan. Tentu akan menambah maraknya iklim berkesenian (seni sastra) di Kabupaten Karawang. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi, ungkapnya.


    Hadir sebagai tamu undangan Timbul Sehati, satu di antara "Tim 7" Relawan Jokowi - dengan Ketua Umumnya Sudiro, serta Ketua Korwil Kabupaten Karawang Aang Wahyudi, Selain para insan sastra dan seni serta masyarakat umum.


    Malam kian larut, acara pentas sastra pun usai, dan tiba pada acara penyerahan cenderamata dari LCTI untuk para penyair pengisi acara. Dan, "Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata.." Sebuah penggalan syair karya penyair legendaris WS. Rendra (almarhum) yang dibawakan salah seorang pengisi acara, semoga lebih memicu denyut kerja kebudayaan ke depan. (JunBiull)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini