CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Kapolres Purwakarta Serahkan Penghargaan Kepada Juara Lomba Poskamling se Polres Purwakarta

1/19/22, 10:25 WIB Last Updated 2022-02-10T03:28:17Z


revolusinews.id Purwakarta – Aktivitas Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) wujud tanggung jawab masyarakat menciptakan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan desa/kelurahan.


Hal itu dikatakan Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto, ketika menyerahkan penghargaan kepada juara lomba Poskamling se Polres Purwakarta, Rabu (19/1/2022).


(Kapolres Purwakarta saat memberikan penghargaan kepada juara lomba Poskamling se Polres Purwakarta)

Menurut pria yang akrab disapa Hery itu, Poskamling adalah sarana komunikasi antara masyarakat dengan Polri dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.


“Situasi Kamtibmas yang kondusif sebuah desa/kelurahan bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri saja, namun ada peran aktif dalam masyarakat,” ucapnya.


Melalui lomba Poskamling, sambung Kapolres, masyarakat menampilkan bagaimana sistem pengamanan suatu wilayah melalui ronda malam dan penyelesaian masalah.


“Kami berharap apa yang telah diperagakan dan menjadi point plus dalam penilaian lomba bisa diaplikasikan dalam kegiatan ronda sehari-hari,” ungkap Hery


Selain itu, kata dia, lomba Poskamling juga diharapkan dapat merangsang desa/kelurahan lain untuk kembali mengaktifkan kegiatan ronda malam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.


Dengan Poskamling, lanjut Hery, keamanan dan ketertiban masyarakat, dan kondusivitas daerah akan terbangun. Semua warga harus bersatu padu dan bekerja sama lewat ronda malam yang digelar setiap malam. Langkah itu paling tidak sebagai antisipasi dini aksi kejahatan.


“Kami harap dengan Poskamling ini dapat lebih meningkatkan dan menggiatkan kembali Siskamling di tiap-tiap lingkungan. Sehingga meningkatkan rasa tentram, aman, dan tertib. Keberadaan Poskamling perlu terus dihidupkan guna untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan dalam lingkungan masyarakat,” pesan AKBP Suhardi Hery Haryanto.


Diketahui, juara pertama lomba Poskamling se Polres Purwakarta diraih Poskamling Raden Merah Putih yang berlokasi di Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta.


Sementara, untuk Juara 2 diraih Poskamling RT 04/01, Desa Sadarkarya, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Dan Juara ke 3 diraih Poskamling Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong.


Sedangkan untuk Juara Harapan 1 diraih Poskamling Benteng KTJ di Desa Lebak Anyar, Kecamatan Pasawahan. Juara Harapan 2 Poskamling Ujung Aspal di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru dan Juara Harapan 3 Poskamling Gapency di Desa Malangnengah, Kecamatan Sukatani. (nana cakrana)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+