CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

APDESI Meminta Siltap Kades, RT, RW di Naikan Sesuai UMK Karawang

1/17/22, 15:29 WIB Last Updated 2022-02-11T08:31:40Z

 


revolusinews.id Karawang – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Karawang gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I yang di gelar di ruang rapat Komisi I DPRD pada Senin (17/01/ 2022 ) dalam pembahasan usulan kenaikan siltap perangkat desa setara dengan UMK


Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Karawang H.Budinto dan para kepala desa yang tergabung dalm Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Karawang,


( Komisi I DPRD Karawang saat raoat bersama APDESI Karawang)


Usai acara, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, H Budianto, mengatakan, semua aspirasi yang disampaikan oleh rekan-rekan kepala desa dari Apdesi Karawang, terutama kaitan kenaikan siltap kepala desa.

Karena, Dirinya mengaku pernah melakukan studi banding di beberapa kabupaten/kota di Jawa barat khususnya kabupaten tetangga seperti Kabupaten Purwakarta, Subang, Bekasi dan Indramayu dan ternyata memang Siltap kades di Karawang paling terendah di angka Rp 3,3 juta.

“Apdesi meminta Siltap Kades, perangkat, RT, RW dinaikkan. Mudah-mudahan kita bisa upayakan di APBD murni, namun jika tidak bisa, kita akan upayakan dianggaran perubahan,” kata Budianto.

Ia berjanji semua aspirasi dari rekan-rekan Apdesi akan disampaikan ke badan anggaran (banggar) agar nanti bisa ditindaklanjuti dalam rapat dengan para pimpinan, kemudian disampaikan juga nanti melalui TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).

“Kalau memang permohonan ini nanti dikabulkan, pertama ya teman-teman kepala desa ini harus lebih semangat lagi dan lebih transparan tentunya. Karena memang kepala desa sekarang ini dalam pengelolaan anggaran ini kan tidak seperti dulu, banyak dana dana dari pusat, provinsi maupun dari kabupaten,” harapnya.

Sementara, Sekjen APDESI Karawang Alek Sukardi yang sekaligus sebagai Kepala Desa Karyamulya mengatakan, tujuan kedatangannya yakni untuk meminta siltap Kades dan perangkat, RT, RW dinaikkan sesuai UMK Karawang.

Ia berharap, agar seluruh Kades tahu dan paham keadaan anggaran (APBD) yang sudah diketuk palu pada anggaran murni 2022. Untuk menaikan Siltap Kades, perangkat dan RT, RW di triwulan 1 dan 2 dengan cara menambah tunjangan di DBH nanti.

“Di anggaran perubahan DPRD Karawang akan menetapkan kenaikan Siltap yang bersumber dari ADD. Semoga apa yang diputuskan tadi bisa dilaksanakan dengan baik dan perjuangan kita dipandang sebagai perjuangan seluruh Kades yang ada di Kabupaten Karawang,” tandasnya. (alex marques)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+