CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Dampak Kemarau Panjang Harga Ikan Naik Di Wilayah Pantura Blanakan Subang

adminrevolusinews.id
11/11/23, 13:00 WIB Last Updated 2023-11-11T13:58:15Z


revolusinews.id Subang - Dampak kemarau panjang produksi ikan darat, para petambak di wilayah Pantura Subang Jawa Barat alami penurunan drastis .

Kondisi tersebut berdampak pada  pasokan ikan darat segar ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) darat di Pantura Subang Jawa Barat pun anjlok.


Seperti yang terjadi di salah satu Tempat Pelelangan Ikan Darat  KUD Mina Langgengjaya Desa Langensari,  Kecamatan Blanakan, pasokan ikan dari petambak ke pelelangan ikan ini  menurun hingga 60 persen.


Kepala Koperasi Unit Desa  (KUD) Mina Langgeng Jaya  Raim Irawan mengatakan, hampir tiga bulan terakhir pada musim kemarau panjang tahun  ini pasokan ikan darat dari petambak ke pelelangan ikan  mengalami penurun berkisar 60 persen dibandingkan ketika cuaca normal. Sabtu (11/11/23).




"Secara keseluruhan di musim kemarau panjang tahun ini pasokan ikan anjlok sebesar 60 persen bila lagi ramai petani tambak panen pasokan ikan yang masuk kepelelangan di sini sehari mampu mencapai 5 kwintal namun saat ini produksi ikan hanya 2 kwintal  ," kata Raim. 


Menurutnya, menurunnya  pasokan  ikan segar dari para petambak  disebabkan terjadinya el nina kemarau panjang berdampak pada tingkat produksi turun di para petani tambak. Sehingga saat ini para petambak banyak yang gagal panen. 


Di jelaskan Raim, "tak sedikit para petani tambak di kemarau panjang saat ini  produksi turun,  meskipun pasokan ikan segar dari para petambak  menurun, namun pasokan ikan kepelelangan  yang ada saat ini dari mereka masih cukup, dalam memenuhi kebutuhan ikan segar bagi para bakul," jelasnya.


Dampak dari turunnya pasokan ikan ke pelelangan serta turunnya produksi ikan di tingkat petani tambak berdampak naiknya harga ikan. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+