CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

600 Hektar Sawah Di Jambar Kekeringan Satgas CH 17 Dan Petani Buka Pintu Air

adminrevolusinews.id
9/21/23, 11:00 WIB Last Updated 2023-09-21T17:47:40Z


revolusinews.id Karawang - Imbas kemarau panjang, hampir 600 hektar lahan sawah petani yang berada di Desa Karangmulya, Mekarmulya dan Desa Parungsari mengalami kekeringan. 


Satgas Citarum Harum ( CH ) 17, petugas PJT, kepala desa bersama Babinsa Bhabinkamtibmas dan warga, membuka pintu air sekunder sungai Kalimalang berkat koordinasi yang terjalin baik dengan instansi terkait. Kamis (21/09/23).


Dansubsektor 03 CH 17, Pelda.Maili Wendra saat di temui awak media menyatakan, bermula dari keluhan kepala desa Mekarmulya, bahwa lahan sawah di desanya sudah kering. Air suplai dari saluran irigasi tidak sampai ke sawah warga.


"Hampir 600 hektare lahan sawah di Desa Mekarmulya, Karangmulya dan Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat Karawang mengalami kekeringan. Para petani dan penggarap sawah tidak bisa membajak" ungkapnya. 



Kami bersama kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, UPTD PPL melakukan koordinasi terhadap PJT II, untuk membuka pintu air sekunder Kalimalang untuk pengairan di 3 desa yang mengalami kekeringan. 


"Alhamdulillah kami bersama warga dan yang lain, Kamis (21/09/'23) pada pukul 09.00 Wib. melakukan pembukaan pintu air sekunder Kalimalang, di kampung Darawolong BTB  20 desa Karangmulya, dengan ketinggian buka pintu 30 cm, agar air cepat sampai di sawah sawah warga" ujarnya. 


Bagaimanapun caranya, koordinasi terhadap instansi terkait harus dilakukan, dalam hal ini PJT II, dan harus di upayakan jangan sampai terjadi kekeringan di area persawahan. Agar para petani dan penggarap bisa terus bercocok tanam, kata Kol. Arh. Suroso, SE. MM, Dansektor 17 CH saat di temui awak media di posko 17. 


Persawahan merupakan salah satu tumpuan dalam mempertahankan ketahanan pangan di negara kita. Dari hasil sawah, padi wilayah Karawang masih menjadi andalan penyumbang padi dalam jumlah yang cukup besar, yang harus di pertahankan, tandasnya. (ryo bewok).

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+