CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Safari Gemar Ikan di Pabuaran, H. Sutrisno Anggota Komisi IV DPR RI : Kandungan Ikan Sangat Baik Untuk Kecerdasan

adminrevolusinews.id
2/10/23, 13:00 WIB Last Updated 2023-02-10T08:45:23Z

 

revolusinews.id Subang - Sampai saat ini, stunting masih menjadi isu prioritas nasional. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang Prioritas Percepatan Penurunan Stunting, KKP memiliki peran dan tanggung jawab untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan gizi  pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat.



Presiden menargetkan angka prevalensi stunting tahun 2024 dibawah 14%, sehingga KKP perlu menyusun langkah-langkah strategis guna menyiapkan dukungan yang efektif mengingat kesiapan ikan sebagai sumber protein utama nasional. Tentu KKP tidak dapat melakukan semuanya sendiri, diperlukan kerjasama dan partisipasi dari semua pihak baik dari pemerintahan, akademisi, pelaku usaha hingga organisasi sosial kemasyarakatan.



Salah satu indikator kinerja utama Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah angka konsumsi ikan nasional. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, angka konsumsi ikan nasional pada tahun mencapai 55,37 kg/kapita setara ikan utuh segar pada tahun 2021. Angka itu tumbuh 1,48% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 54,56 kg/kapita setara ikan utuh segar. Target angka konsumsi ikan tahun 2024 sebesar 62,5 kg/kapita setara ikan utuh segar perlu dicapai dengan kerja keras kita semua. Berdasarkan data Susenas tahun 2021, Konsumsi Ikan Dalam Rumah Tangga (KIDRT) Provinsi Jawa Barat sebesar 21,60 kg/kapita dan Kabupaten Subang sebesar 24,37 kg/kapita.



"Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk semakin suka makan ikan, semakin sehat, kuat, dan cerdas sehingga mampu berdaya saing di kancah global," jelas H. Sutrisno, SE, M.Si, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan.(10/2/2023) 

 

Kegiatan Safari Gemarikan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi UMKM Kelautan dan Perikanan dengan menyerap produk kelautan dan perikanan melalui distribusi 500 Paket Gemarikan yang dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Subang. Paket Gemarikan berisi bandeng presto, pindang deles, bakso ikan, abon lele, roti abon lele, pastel udang, rempeyek ebi. 



"Kami mengucapkan terima kasih kepada Mitra Komisi IV DPR RI, Bapak DR. H. Sutrisno, SE, M.Si dan seluruh pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga apa yang kita laksanakan dapat bermanfaat dan memberikan keberkahan bagi kita semua, serta diridhoi Alloh SWT...Aamiin," ucap Machmud, Sekretaris Direktorat Jendral (Sesditjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP). 



Pada akhir acara dilaksanakan pemberian secara simbolis oleh H. Sutrisno kepada balita penderita stunting dan gizi buruk, dilanjutkan oleh Sesditjen PDSPKP, Muspika Kecamatan Pabuaran dan para tamu undangan kepada para penerima manfaat. 



Usai kegiatan Safari Gemarikan, H. Sutrisno juga memberikan secara simbolis bantuan berupa 1 unit traktor roda kepada Kelompok Tani Mulya Harapan Satu Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran.(nanang suparman)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+