CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Para Petambak Warga Desa Langensari, Alami Kerugian Akibat Tambaknya Terendam Banjir

adminrevolusinews.id
2/14/23, 12:30 WIB Last Updated 2023-02-14T11:03:10Z

 

revolusinews.id Subang - Intensitas hujan tinggi di sejumlah wilayah di Pantura Subang, Jawa Barat, mengakibatkan puluhan hektar lahan tambak milik para petambak  warga Desa Langensari, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat terendam banjir Selasa(14/02/2023).



Ketua KUD Mina Langgeng Jaya Langensari, Raim Irawan  membenarkan  puluhan  hektar tambak milik warga  terendam banjir dengan rincian sebanyak 50 hektar milik petambak  dari 270 hektar tambak  terendam banjir, " banjir yang  merendam tambak terjadi itu dikarenakan  selain intensitas hujan tinggi juga  di sebabkan sejumlah saluran di lokasi tambak alami sedimentasi sehingga air tersendat dan masuk ke tambak, "ujarnya.

 

Di jelaskan Raim, "dengan terendamnya areal tambak berdampak pada pasokan ikan dari petambak ke pelelangan alami penurunan, pasokan ikan turun 70 persen, kalau cuaca normal sehari pasokan ikan 5 kwintal kini hanya 2 kwintal karena petambak kesulitan panen ikan karena tambak terendam," jelas Raim. 



Tanud, petambak Desa Lanensari  mengungkapkan , tambak-tambak tersebut rata-rata berisi ikan bandeng dan nila,   namun, karena terendam banjir petambak tak sedikit harus gagal panen.

 

"Tambak ikan terendam banjir  petambak alami  kerugian " ungkap Tanud.

 

Hal senada dikatakan Wasim pemilik lahan tambak, "akibat tambak terendam banjir  banyak ikan terutama ikan  bandeng dan ikan nila tak   bisa diselamatkan karena terbawa arus banjir," ucap Wasim.


Kini para petambak yang areal tambaknya terendam banjir  hanya bisa pasrah dengan kondisi tersebut dan hanya berharap pemerintah segera melakukan normalisasi dan pengerukan di sejumlah saluran yang alami sedimentasi sehingga banjir tak kembali merendam areal tambak, tandasnya. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+