• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Pokdarwis Desa Pasirtalaga Siap Kembangkan Wisata Desa Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

    adminrevolusinews.id
    16 January 2023, January 16, 2023 WIB Last Updated 2023-01-16T17:27:12Z


    revolusinews.id Karawang - Keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai suatu institusi lokal terdiri atas para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab untuk menjamin pelaksanaan Desa Wisata.

    Guna mendorong sektor pariwisata di Desa Pasirtalaga diperlukan berbagai upaya pengembangan pariwisata dimana salah satunya ialah gerakan Sadar Wisata. Dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Pasirtalaga bisa menjadi aktor penggerak kepariwisataan desa.


    Staf Desa Pasirtalaga, Rosadi saat ditemui usai rapat Pokdarwis menjelaskan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini dibentuk pada tahun 2021 dengan tujuan Desa Pasirtalaga ini membuat program pembangunan wisata desa yang  ini tentunya merupakan program kerja Bumdes Desa Pasirtalaga, jelasnya.  Senin (16/1/23).


    "Dengan mulai membangun program pembangunan desa di Desa Pasirtalaga, lanjut Rosadi, yaitu dengan mengusung konsep Wisata Air yang dipadukan dengan wisata seni budaya, keindahan alam juga wisata edukasi. Dan tentunya dalam pelaksanaan diwisata desa ini kita dari sisi pemerintah juga Bumdes Matahari tentunya membutuhkan rekan dalam melaksanakan wisata desa ini yaitu kita sering mengenal sekali yang namanya Pokdarwis, Kelompok Sadar Wisata," lanjut Rosadi.


    Rosadi menuturkan, dimana Kelompok Sadar Wisata ini terdiri dari beberapa unit atau seksi yang mempunyai fungsi masing-masing dalam menggalakkan dan menggerakan sisi kearifan lokal yang ada di Desa Pasirtalaga sesuai fungsinya masing-masing, diantaranya yaitu Seksi Ketertiban dan Keamanan, Seksi Keindahan dan Lingkungan juga seksi lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan wisata diantaranya Seksi UMKM dan Seksi Sumber Daya Manusia dimana kolaborasi antara Pemerintah Desa, Bumdes Matahari dan Pokdarwis disini dapat mewujudkan program kerja Bumdes Matahari yaitu menjadikan Desa Pasirtalaga menjadi Desa yang mempunyai Icon Wisata Desa yang unik dan juga bisa memberikan peningkatan ekonomi khususnya di Desa Pasirtalaga, tuturnya.




    Dari hasil rapat dengan rekan-rekan Pokdarwis bahwa setelah disepakati harapannya bisa dilaksanakan di awal Pebruari atau diakhir Januari, dimana akan dilaksanakan setiap hari Minggu, Jam 06.00 Wib pagi, karena kegiatan nanti yang berhubungan dengan Pokdarwis ini untuk mendukung terwujudnya wisata desa itu dapat berjalan lancar, tandasnya.


    Icon Wisata Desa Pasirtalaga itu mengusung wisata air yaitu Snorkling, ini berupa kolam renang yang orang-orang nya atau yang akan berwisata di Desa Pasirtalaga itu dapat berenang dengan ikan selayaknya berenang dilaut bersama ikan-ikan sehingga ada sensasi sendiri, ungkap Rosadi.


    " Selain itu, lanjut Rosadi, ada wisata hiburan, ini juga kita akan mengusung konsep-konsep hiburan yang pada umumnya seperti kora-kora, kincir angin dan lain-lain yang berhubungan dengan hiburan, juga ada konsep edukasi bagaimana kita sejarahnya sebagai lumbung padi tentu menanamkan nilai-nilai kearifan lokal bagaimana cara menanam padi, cara pembibitan, pemupukan sehingga sampai berbuah kita akan edukasi diwisata kita yang dipadukan dengan sisi religi dan seni budaya, religi ini kita akan mengusung konsep-konsep yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan dan Seni Budaya yang ada di Desa Pasirtalaga salah satunya yaitu Seni Budaya Kliningan" lanjutnya.


    Bahwa langkah awal ini menjadikan tolak ukur selanjutnya ketika wisata desa utama dibangun dan menjadi Icon Utama di Desa Pasirtalaga bahwa kegiatan Pokdarwis ini akan menopang seluruh kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan-peningkatan di Desa Pasirtalaga terkait Wisata Desa Pasirtalaga, pungkas Rosadi pada revolusinews.id. (yopie iskandar)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini