• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Peringati HUT Ke-72 Kesatuan Polairud Polri, Satpolairud Polres Purwakarta dan Karawang Tanam 1000 Pohon Mangrove di Pantai Ciparagejaya

    adminrevolusinews.id
    06 December 2022, December 06, 2022 WIB Last Updated 2022-12-06T07:07:10Z


    revolusinews.id Purwakarta - Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) bersama Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta dan satpolairud Polres Karawang menanam 1.000 pohon mangrove atau tanaman bakau di Pantai Ciparagejaya, Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


    Penanaman pohon mangrove tersebut dalam rangka memperingati HUT Ke-6 Tosca sekaligus HUT Ke-72 Kesatuan Polairud Polri.


    Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian seluruh member Tosca untuk mengurangi dampak akibat pemanasan global yang setiap hari semakin mengkhawatirkan.


    Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Polairud Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar, menyampaikan, menanam dan memelihara pohon merupakan investasi yang nilainya terus meningkat.


    "Adanya gerakan menanam dan memelihara pohon harus menjadi sikap hidup budaya bangsa," kata Jajang, Selasa (6/12/2022).


    Jajang menambahkan, hutan mangrove merupakan ekosistem yang memiliki peranan penting. "Hal ini dikarenakan hutan mangrove mampu melakukan adaptasi terhadap lingkungannya," ujarnya.


    Fungsi ekosistem hutan mangrove, sambungnya, mencakup fungsi fisik, biologis dan ekonomis. "Mangrove juga berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pantai, serta mencegah terjadinya abrasi pantai," ucap Jajang. 


    Selain menanam mangrove, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan fun safety driving untuk anak anak pelajar binaan Polaiurd Polres Purwakarta. Kemudian, prosesi potong tumpeng dan pemberian souvenir pada seluruh peserta yang berpartispasi dalam acara. Di antaranya, Toyota Astra Motor, Auto2000, TCD Asia Pasifik, Garda Oto, NGK, IMI, IRTS, EZZER dan GT Radial.


    Keberhasilan kegiatan yang dihadiri tidak kurang dari 100 peserta ini tak lepas dari peranan Ketua Chapter Tosca Purwasuka Syarifudin yang berkoordinasi dengan Tosca pusat.  


    Ketua Umum Tosca Nandang Sugianto mengatakan, Tosca ingin berperan dalam menjaga lingkungan hidup. Seperti diketahui, sambungnya, pohon bakau memiliki begitu banyak manfaat bagi alam maupun bagi manusia.


    "Selain itu, kita coba mengenalkan pantai Karawang ke masyarakat luas agar pantai-pantai di Karawang lebih dikenal dan dijaga ekosistemnya oleh seluruh masyarakat," Sebut Nandang. (Nana Cakrana)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini