• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    H. Sapin Hidayat, "Babaritan Ini Merupakan Tradisi Masyarakat Terutama Petani Setelah Masa Panen"

    adminrevolusinews.id
    16 December 2022, December 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-17T17:08:45Z


    revolusinews.id KarawangSebagai bentuk syukur petani usai panen dan syukuran lainnya warga Desa Dayeuhluhur Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang gelar Hajat Bumi atau disebut Babaritan yang dilaksanakan di lapangan bola Dayeuhluhur. Jum'at, (16/12/2022).


    Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Dayeuhluhur H. Sapin Hidayat beserta jajaran dan para tamu undangan. Diketahui, bahwa Babaritan ini merupakan tradisi masyarakat terutama petani setelah masa panen.


    Dalam satu acara Babaritan warga dikumpulkan dengan membawa masakan masing-masing untuk dibagikan kepada warga lainnya atau sekedar bertukar masakan. Tentunya, makan bersama di tengah lapangan menjadi tontonan yang seru, terlebih pada malam harinya acara hajat bumi di Desa Dayeuhluhur adakan acara hiburan untuk warga dayeuhluhur dengan pagelaran Topeng Pendul.


    Kepala Desa Dayeuhluhur H. Sapin Hidayat mengatakan Babaritan ini merupakan bentuk syukur dan harus bisa direalisasikan dalam sehari-hari, kegiatan untuk mempererat agar lebih guyub antar warga. Bila masyarakat guyub serta semangat maka Pemerintah Desa Dayeuhluhur pun senantiasa mendukung.


    " Acara hajat bumi ini diadakan setiap satu tahun sekali acara rutin tahunan setelah musim panen bentuk rasa syukur petani, pada malam harinya diadakan acara hiburan pagelaran Topeng Pendul dari Desa Lemahduhur Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang." pungkas H. Sapin Hidayat. (yopie iskandar)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini