• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Polsek Blanakan, Puskesmas dan Muspika Laksanakan Giat Penjaringan Deteksi Dini HIV Aids di Lokalisasi Blanakan

    adminrevolusinews.id
    02 September 2022, September 02, 2022 WIB Last Updated 2022-09-04T11:45:32Z


    revolusinews.id Subang - Berdasarkan data terbaru tahun 2022 terkait penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), Kabupaten Subang masuk peringkat ke-5 di wilayah Jawa Barat sedangkan pada tahun sebelumnya menduduki peringkat ke-3.


    Walaupun peringkat kasus HIV AIDS di Kabupaten Subang menurun namun hal tersebut diakibatkan terjadi kenaikan yang signifikan di beberapa wilayah lain di Jawa Barat.


    Dalam rangka mencegah lonjakan angka penyebaran HIV AIDS, pada hari Jumat (02/09/2022) sekira pukul 20:00 WIB, berlokasi di lokalisasi Dusun Pelelangan RT/RW 03/07, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dilaksanakan Giat Penjaringan Deteksi Dini Penyebaran HIV AIDS.


    "Ada 12 warung yang masih aktif di lokalisasi ini dengan mayoritas penghuninya merupakan pendatang," ujar salah seorang pengurus lokalisasi.(02/09/2022)


    Sebanyak 32 orang dari total 35 orang Wanita Pekerja Seks (WPS) atau sekitar 91% capaian target WPS ditambah 5 orang bartender jadi total 37 orang yang melakukan tes darah.


    "Giat ini bertujuan untuk mengeliminasi penyebaran HIV AIDS di Kecamatan Blanakan yang berdasarkan data terbaru memiliki 6 kasus dengan 1 kasus meninggal dunia," jelas Nana Mulyana, S.K.M., M.M.Kes., Kepala Puskesmas Blanakan.(02/09/2022)


    Kapus Blanakan mengatakan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan program Triple Eliminasi yaitu eliminasi TB Paru, HIV AIDS dan Sipilis yang dicanangkan pemerintah.


    "Selain penjaringan deteksi dini secara langsung di lokalisasi, Puskesmas Blanakan juga memanfaatkan Antenatal Care (ANC) terpadu yaitu pemeriksaan ibu hamil untuk sekaligus melakukan tes HIV AIDS," ungkap Kapus Blanakan. 


    Selain Kapus Blanakan yang didampingi 6 orang tenaga kesehatan, hadir juga di lokasi Kanit Provos Polsek Blanakan Aiptu Sarif Hidayat, Kanit Samapta Polsek Blanakan Bripka Tri Sutrisno, Briptu Wira Supriatna Bhabinkamtibmas Desa Blanakan, Sekretaris Kecamatan Ade Tohidin, S.P., Kasi Kesos Muhammad Djuanda, S.K.M., dan Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Blanakan Riri Arfiansyah, S.H., M.Si., beserta 4 anggotanya.(nanang suparman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini