• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Kelompok Tani Sugih Tani V Wanakerta Terima Penyuluhan Serta Praktek Dari Team PPL UPTD Jambar

    adminrevolusinews.id
    29 July 2022, July 29, 2022 WIB Last Updated 2022-07-29T08:31:46Z


    revolusinews.id Karawang - Team petugas penyuluh lapangan (PPL) pertanian UPTD Telukjambe Barat melakukan penyuluhan kepada kelompok tani " Sugih Tani V " desa Wanakerta bertempat di rumah ketua kelompok tani di kampung Ciketing.  Dalam penyuluhan juga praktek langsung bagaimana cara pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik serta pemakaiannya. 


    Kali ini kami PPL Telukjambe barat akan memperkenalkan pertanian cerdas iklim kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani "Sugih Tani V" desa Wanakerta kata Yayuk kepala UPTD pertanian wilayah kecamatan Telukjambe Barat kepada revolusinews.id Jum'at (29/07/'22) pagi.


    Dalam penyuluhan pertanian cerdas iklim yang akan kami perkenalkan kepada kelompok tani. Ada 6 poin yang nantinya akan disampaikan dan di praktekkan oleh para penyuluh yang semua  menggunakan bahan alami, yang ada di sekitar lingkungan kita, paparnya. 


    Ke 6 poin yang kami sampaikan dan kami praktekkan bersama para petani yang tergabung dalam kelompok tani di desa Wanakerta kali ini dalam penyuluhan pertanian cerdas iklim, sambung Triyadi PPL Desa Wanakerta. 


    Diantaranya, terkait 1.Penyeleksian benih, 2.Sistem pengairan /berselang, 3. Pembuatan obat untuk penyakit kresek/daun padi menguning, 4. Pembuatan pupuk organik cair, 5.Pembuatan Pestisida Nabati dan yang ke 6.Pembuatan pupuk organik, jelasnya. 


    Adapun bahan bahan yang digunakan baik untuk pestisida maupun pupuk semua alami /organik yang mudah di dapat sekitar  lingkungan. 


    Seperti contoh lanjutnya, untuk pembuatan pestisida nabati yang difermentasikan ,dengan bahan 2 buah bernuk, satu ikat daun pepaya, daun sirsak, yang dihancurkan dengan di campur 2 sendok detergent yang kemudian kita rendam ke dalam 1 ember air selama minimal 1 x 24 jam jadilah pestisida terang Triyadi.


    H.Atim selaku Ketua Kelompok Tani " Sugih Tani V " menyampaikan, terimakasih kepada team PPL yang telah memberikan penyuluhan bertani yang baik. Sekaligus praktek pembuatan pestisida dan pupuk secara alami. Moga bisa diterapkan oleh para petani dalam bercocok tanam dan penanggulangan hama, ucap H.Atim. ( ryo bewok)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini