• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Saqya Helvi Palufi, Atlet Judo Asal Karawang Raih Emas di Malaysia dan Filipina

    adminrevolusinews.id
    06 June 2022, June 06, 2022 WIB Last Updated 2022-06-06T17:45:46Z


    revolusinews.id KarawangSaqya Helvi Palufi (15) memilih cabang olahraga bela diri Judo untuk mengisi waktu diluar kegiatan sekolah. Siswi kelas 8 di SMPN 1 Karawang Barat ini sudah 6 tahun menggeluti olahraga bela diri tersebut.


    Alasan Saqya memilih olahraga asal Jepang tersebut, cukup simple yakni disamping ingin menjadi atlet berprestasi, kemampuan Judo juga bisa diandalkan untuk membela diri, apalagi buat kaum perempuan.


    “Awalnya pengen ada kegiatan supaya badan sehat, melatih mental, melatih disiplin, dan kekeluargaan,” ujar Saqya, Senin (6/6/2022).

     

    Tak hanya hobi, Saqya serius menggeluti olahraga ini dengan mengikuti berbagai kejuaraan baik tingkat kabupaten sampai tingkat internasional.


    Tercatat, Saqya pernah meraih piala emas di Malaysia dan Filipina saat mengikuti kejuaraan Judo. Sementara di Singapura ia hanya meraih piala perak.


    Untuk di tingkat nasional, Saqya pernah ikut kejuaraan di Kejurda dan Kejurnas. Puluhan piala sudah dia raih dari kejuaraan Judo.


    Ayah Saqya, Nasrul Syah sangat mendukung kegiatan putrinya tersebut.


    Menurut Nasrul, sebagai orang tua ia aka terus memfasilitasi anaknya di bidang apapun termasuk olahraga Judo.


    “Awalnya saya dilematis karena dia perempuan dan anak pertama. Tapi ketika anak minat dan mau, apa boleh buat orang tua berkewajiban memfasilitasi. Selain mau, dia juga serius sekarang sudah 6 tahun saya bersyukur,” ucap Nasrul yang tinggal di Dusun Cibogo RT 10/06, Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat.


    Nasrul berharap, olahraga ini bisa bermanfaat untuk bekal kehidupan anaknya kelak. Bagi dia, juara hanyalah sebatas sebab akibat dari usaha.


    “Yang penting dia sehat menjaga fisik kuat untuk diri sendiri. Kalau urusan juara itu sebab akibat dari usaha yang penting punya mental disiplin,” tandasnya, pada revolusinews.id (yopie iskandar)

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini