• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Desa Wadah Terpilih Menjadi Pilot Project Penanaman Varietas Padi Genjah Trisakti

    adminrevolusinews.id
    23 February 2022, February 23, 2022 WIB Last Updated 2022-02-24T10:30:28Z


    revolusinews.id Karawang - Dalam upaya peningkatan hasil produksi padi di Karawang, para petani bekerjasama dengan Yayasan Kedaulatan Pangan Nusantara (YKPN) mulai mengembangkan demplot penanaman varietas benih padi super genjah Trisakti.


    Demplot pengembangan benih padi Trisakti disertai sosialisasi pupuk organik tersebut dilakukan di Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, pada Rabu (24/2/2022).


    Kades Wadas Junaedi menyambut baik dan menilai sangat tepat bantuan yang diberikan YKPN kepada petani Desa Wadas untuk meningkatkan produktivitas pertanian.


    "Hari ini kita menyediakan lahan untuk mengembangkan peningkatan produktifitas pertanian dan mengurangi modal kita harus menghormati petani, karena tanpa petani kita tidak akan bisa memenuhi pangan kita didalam kehidupan sehari," kata Junaedi.


    Lebih lanjut, Junaedi menyampaikan ungkapan terimakasih kepada YKPN, pakar pertanian atas kepeduliannya dengan petani di Kabupaten Karawang,sehingga mempercayakan kepada petani di desa Wadas.


    “Terima kasih Desa Wadas  dipilih menjadi pilot project penanaman varietas padi Genjah Trisakti,mudah-mudahan dengan bibit padi Trisakti ini pangan kita betul-betul bisa,"terang Junaedi.


    Sementara itu Ketua Umum YKPN Soud Aminah mengatakan kegiatan ini sudah berkoordinasi dan sudah bekerjasama dengan Dandim 0604/Karawang Letkol Kav. Makhdum Habiburohman sudah lama dan yang fokus pada kepedulian tentang peningkatan pangan.


    "Yayasan Kami ini bergerak di sosial ,kita membantu mensejahterakan petani se Indonesia sudah siap dan berhasil,di area ini kita berencana Tanam 10 Ha padi benih Trisakti dan 2 Hektar kedelai,"kata Aminah.


    Aminah sebagai penyuluh padi menjelaskan bahwa Variretes Genjah Trisakti ini bisa tumbuh tanaman ini bisa mencapai 10 ton dalam satu hektar dengan menggunakan teknologi organik.


    "Jadi kita pakai teknologi organik dengan mencampur dengan teknologi yang biasa, cuma di tambah sedikit supaya untuk penyuburan lahan dan hasilnya memang baik, untuk kedelaipun hasilnya juga 2 x lipat dari tanam yang sebelumnya,"terangnya.


    Selain itu,dari tanam sampai panen bibit padi ini waktunya lebih singkat dari bibit bibit padi lainnya, kita memilih Karawang untuk dijadikan tempat penanaman bibit padi Trisakti.


    "Karena Karawang terkenal dengan pengolahan pertanian yang baik dan Struktur tanah sangat baik untuk bibit padi ini,"jelasnya


    Ditambahkankan Aminah bahwa keberhasilan sudah terbukti di Sabang sampai Merauke dan berhasil besar, yang tadinya lahannya itu tidak bisa tumbuh padi karena kondisi lahannya mengandung zat asam.


    "Terus kita coba untuk pakai teknologi kita dalam waktu dekat bisa panen 9 ton,terus yang waktu itu tidak ada panen sama sekali hasilnya,"terangnya. (alex marques)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini