CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Sekdes Blanakan Ajak Warganya Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Ketahanan Pangan Keluarga Mandiri

adminrevolusinews.id
2/06/23, 12:30 WIB Last Updated 2023-02-06T09:43:32Z


revolusinews.id Subang - Pemerintah Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat melalui Sekretaris Desa, Endin Haerudin  mengajak warganya agar memanfaatkan pekarangan rumah  ditanami dengan berbagai jenis sayuran dan budi daya ikan dengan membuat kolam terpal yang di tanami berbagai jenis ikan lele, ikan patin dan berbagai jenis ikan lainya.

 
Ajakan tersebut bukan tidak beralasan selain untuk mempercantik halaman atau pekarangan rumah,  hal tersebut dimaksudkan guna mendukung ketahanan pangan keluarga mandiri dan upaya pemenuhan kebutuhan Protein Nabati dan Protein Hewani.

 

Endin Haerudin  tidak hanya sekedar mengajak ataupun memberi imbauan begitu saja, melainkan disertai dengan aksi nyata agar dapat dijadikan contoh oleh warganya, salah satunya pekarangan rumah yang berada di depan dan di belakang rumah  di jadikan kebun  dengan berbagai jenis tanaman sayuran dan budi daya ikan.

 

“Kami memanfaatkan pekarangan rumah dan sejumlah lahan yang kurang di manfaatkan sekitar 5000 meter di empat titik  dengan ditanami berbagai jenis sayuran. Seperti kangkung  cabai, selada, popcoy  brokoli dan kacang panjang. Sedangkan budidaya kolam ikan seperti ikan lele,  ikan nila ucap Endin.  Senin (6/2/23).

 

Menurutnya, pemanfaatan pekarangan rumah dengan  kreatif dan inovatif memanfaatkan lahan selain untuk mendukung ketahanan pangan keluarga, warga tidak selalu harus membeli melengkapi kebutuhan, karena sebagian diantaranya kebutuhan protein nabati dan protein hewani  dapat dipenuhi secara mandiri.



Ditambahkan Endin dengan pemanfaatan pekarangan Rumah  banyak memberikan manfaat. Tidak hanya kemandirian melainkan juga memberi nilai tambah terhadap perekonomian.



“Sayang jika lahan yang ada disekitar rumah tidak dimanfaatkan. Mungkin bisa ditanami dengan beberapa jenis tanaman pelengkap kebutuhan keluarga. Dari pembibitan tanaman di bagikan ke warganya yang membutuhkan dan kebun pekarangan rumah tanaman sayuran dan budi daya ikan," tuturnya.

 
"Sementara hasil panen juga bisa di bagikan ke warga dan  ketetangga  sekitar sebagai upaya pemenuhan kebutuhan protein nabati dan protein hewani warganya  "ungkapnya. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+