• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    Pembangunan Sanimas di Desa Bungur Jaya Kecamatan Pondok Salam Sudah Mencapai 60 Persen

    adminrevolusinews.id
    11 July 2022, July 11, 2022 WIB Last Updated 2022-07-11T14:42:33Z


    revlousinews.id Purwakarta - Pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) yang merupakan program Penanganan Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Tahun 2022 di Desa Bungur Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, saat ini sudah mencapai 60 persen dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) “Kembang Bungur”. Pembangunan Sanimas tersebut dibiayai oleh pemerintah pusat yang sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 sebesar Rp 500.000.000,00. 


    KSM “Kembang Bungur” yang diketuai oleh Ade Yanto, saat ini sudah merampungkan 100 persen pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL/SPALD-T) yang berlokasi di Kampung Pamundayan 1 RT. 006/003 Desa Bungur Jaya Kecamatan Pondok Salam. Pembangunan IPAL/SPALD-T yang telah selesai dikerjakan ini berukuran, Panjang 10 Meter, Lebar 3 Meter dan Tinggi 3 Meter, dengan total volume 90 M2. 


    “Jika dihitung sesuai progres, pembangunan IPAL/SPALD-T yang sudah rampung 100 persen ini baru mencapai 50 persen. Sisanya yang 10 persen lagi, saat ini kami sudah mulai pemasangan jaringan perpipaan untuk 74 Sasaran Rumah (SR). Jika ditotal, pemasangan jaringan perpipaan yang akan kami kerjakan ini seluruhnya mencapai 1 KM. Pembangunan Sanimas ini kami manfaatkan bagi warga yang tinggal di 2 RT, yaitu RT 006 dan RT 007 yang berada di wilayah RW 003,” terang Ade Yanto ketika ditemui revolusinews.id di lokasi pembangunan IPAL/SPALD-T, Senin (11/7/2022).


    Menurut Ade, pembangunan Sanimas ini melibatkan 20 orang pekerja setiap harinya. Bahkan lanjut Ade, ketika pekerjaan mulai ke tahap pengecoran, jumlah pekerjanya ditambah antara 27 orang sampai 30 orang pekerja. “Sesuai target pekerjaan, pembangunan Sanimas ini sudah harus rampung pada tanggal 25 Agustus 2022. Karena mengacu kepada kontrak yang kami buat, yaitu tanggal 25 April 2022 sampai dengan 25 Agustus 2022,” ujarnya.


    Diakhir bincang-bincangnya dengan revolusinews.id, selaku Ketua KSM “Kembang Bungur”, Ade Yanto mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, dari mulai perangkat Desa Bungur Jaya, pihak Kecamatan Pondok Salam, pihak Pemerintah Kabupaten Purwakarta hingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat yang telah membantu memfasilitasi dan memberikan bantuan Program Sanimas ini.


    “Karena dengan adanya Sanimas dapat menuntaskan masalah pencemaran lingkungan di desa kami akibat genangan air yang berasal dari kamar mandi dan toilet masyarakat. Dengan adanya Sanimas, saat ini masalah pencemaran lingkungan sudah mulai tertata dengan baik dan warga pun sangat antusias serta merasa bangga menerima program Sanimas ini,” tukas Ade Yanto mengakhiri.


    Ditemui terpisah, Kepala Desa Bungur Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Mumuh Muhidin, secara pribadi pihaknya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pembangunan Sanimas di desanya. Dari mulai KSM “Kembang Bungur”, Tim Fasilitator Lapangan (TFL) Sanimas, dan masyarakat Desa Bungurjaya atas kerja keras dan semangat yang luar biasa dalam melaksanakan pembangunan Sanimas.


    Selanjutnya Mumuh berpesan agar sarana yang telah dibangun melalui program Sanimas, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengentaskan masalah pencemaran lingkungan di desanya. “Saya berpesan agar sarana Sanimas yang sudah dibangun ini dapat dikelola dan dipelihara dengan baik mengingat sarana tersebut merupakan aset masyarakat,” ujarnya pada revolusinews.id, ketika ditemui di Kantor Desa Bungur Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Senin (11/7/2022). (nana CK)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini