• Jelajahi

    Copyright © Revolusinews.id - Berita Terkini Aktual Tajam Berimbang dan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daerah

    Loading...

    no-style

    JMM Usulkan Lakukan Audit Independen secara Terbuka Semua Lembaga Filantropi

    adminrevolusinews.id
    20 July 2022, July 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-21T10:00:47Z


    revolusinews.id Karawang - Jaringan Muslim Madani (JMM) meminta semua lembaga filantropi yang ada di Indonesia diaudit secara independen untuk menghindari dugaan kasus penyimpangan ACT. Hal tersebut diperlukan agar mengantisipasi kejadian serupa sekaligus untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat dan para dermawan. 


    "Belajar dari dugaan penyimpangan ACT dan sebagai upaya pencegahan sekaligus terus menjaga kepercayaan masyarakat dalam kedermawanannya, sebaiknya lembaga filantropi lain yang ada di Indonesia agar dilakukan audit independen dan hasilnya disampaikan ke publik secara detail dan terbuka," kata peneliti JMM, Lukman Hakim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (20/7/2022).


    Kejadian dugaan penyimpangan harus jadi momentum pintu masuk pemerintah supaya tidak jadi pemadam kebakaran saja tapi mencegah agar hal tersebut tidak terulang kembali di kemudian hari.


    Catatan JMM, di Indonesia banyak lembaga filantropi yang mendapatkan bantuan dari dan ke luar negeri dalam bentuk zakat, infak, sedekah atau hibah yang bukan tidak mungkin dalam proses penyaluran atau penggunaannya tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku termasuk perlunya upaya pencegahan bantuan dana untuk aktivitas yang berpotensi negatif terhadap kehidupan bangsa dan negara.


    "Semua harus dibuka dan dilakukan audit secara menyeluruh oleh lembaga independen dan diketahui oleh publik, ini bukan soal kecurigaan tapi upaya antisipasi. Bagaimanapun kita mengapresiasi dan mendukung kegiatan kedermawanan dalam upaya membantu sesama tapi jangan sampai ada celah kegiatan mulia tersebut tersusupi oleh praktik-praktik yang justru mencederai semangat kemanusiaan dan kemaslahatan itu," tegas Lukman.(nanang suparman/red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini