CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Diduga Proyek Galian Kabel PLN Asal - asalan dan tidak Sesuai SOP

Redaksi_Revolusi
3/09/24, 21:01 WIB Last Updated 2024-03-09T14:14:34Z


Revolusinews
Cikarang – Sabtu 09/03/24 Diduga Pengerjaan Projek Galian Kabel Asal –Asalan Dalam Pengerjaannya di Sukamahi, Kecamatan. Cikarang, Pusat, Kabupaten. Bekasi di duga tidak sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) dan Keutamaan Keselamatan Kerja (K3) serta penanaman Kabel asal – asalan saja.


Apalagi di sekitar lubang yang digali kurang dilengkapi dengan rambu – rambu dan baleho, sebagai penanda adanya proyek yang berada di bahu jalan. Dan SOP serta prosedur tidak sesuai dengan K3 PLN yang harus di terapkan dilapangan.


Contohnya, satu genre galian kabel PLN yang di kerjakan salah satu vemdor dari PLN yaitu PT. Sinar Annisa Mandiri pengerjaan proyeknya berada di Jalan Warung Ampel, Desa. Sukamahi, Kecamatan. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi pekerjaannya diduga asal- asalan dan adanya kecurangan dalam penempatan. kurangnya Benner/baleho dan kedalaman galian.



Pada hari Sabtu (09/03/24) Tim Investigasi melakukan penelusuran kelokasi untuk melakukan wawancara dan konfirmasi terkait informasi tersebut dengan beberapa pekerja dilapangan sehingga bisa mendapatkan gambar fakta secara langsung yang terjadi di lapangan.


Terlebih lagi gundukan karung yang berisi tanah merah bekas galian yang tidak tersusun rapi bisa membuat kemacetan dan membahayakan bagi pengendara . Selain itu saat ini musim hujan, hal itu menambah buruk keadaan jalan.


Terpantau pula bahwa pengendara motor dan mobil harus berkendara dengan hati – hati karena keadaan jalan licin dan , Keadaan tersebut mengakibatkan kemacetan di sepanjang jalan area galian kabel.



Dari hasil penelusuran yang dilakukan Tim Investigasi didapat beberapa keterangan dari wawancara yang dilakukan kepada beberapa pekerja dan masyarakat sekitar jalur pemasangan kabel, mengatakan, ”kami hanya pelaksana tidak paham dengan ketentuan atau aturan Standard Operating Procedure (SOP), kami hanya melaksanakan pekerjaan sesuai arahan mandor kami,' katanya.


Ditengah PLN Indonesia sedang giat-giatnya memperbaiki kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat, sangat disayangkan jika UP3 PLN Cikarang tidak dapat melakukan tindakan tegas nyata terhadap vendor-vendor nakal yang secara terang-terangan melakukan pelanggaran pengerjaan projek PLN dan tidak mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di PLN. (Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+