CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Anggaran 4,6 M Pemprov Jabar Fly Over Wanasari Telukjambe Barat Belum Setahun Amblas Lagi

adminrevolusinews.id
3/06/23, 12:30 WIB Last Updated 2023-03-06T10:40:04Z

 

revolusinews.id Karawang - Keberadaan jalan provinsi Badami Loji , tepatnya di wilayah Desa Wanasari, flay over jembatan tol Jakarta - Cikampek di km 47 amblas lagi. Baru sekitar 8 bulanan selesai pengerjaannya, sebelah kanan Utara sudah longsor dan sebelah kanan selatan sudah pada retak. Akibat retak dan amblasnya bahu jalan, arus lalulintas jadi terganggu karena di pasang pembatas di separuh badan jalan.



Pada bulan Februari 2022 pemprov Jawa Barat telah melakukan penandatanganan kontrak kerja dengan rekanan CV. Alfiar dengan nilai kontrak 4,6 Milyar rupiah lebih. Dan pada bulan Juni 2022 dimulai pekerjaan perbaikan badan jalan yang amblas. Di sebelah kanan yang sekarang mengalami keretakan hanya di buat 1 pancang dengan di cor memanjang. Sedangkan disebelah kiri Utara tidak dilakukan pemancangan. 



"Dengan kondisi saat ini, sepertinya pada bahu jalan kiri sebelah Utara jembatan, tidak di lakukan dengan boorpell lalu di cor. Sehingga pada musim hujan tahun ini terjadi amblasnya kembali bahu jalan" kata Danton, salah seorang warga setempat yang setiap harinya melintasi jalan ini. 

 

 Dan pekerjaan seperti ini yang musti perlu di pertanyakan dan di evaluasi. Apakah pengerjaannya sesuai dengan RAB atau tidak. Semestinya di bawah di lakukan pemancangan agar tidak amblas kembali.
Nah ini yang salah dari rancangannya atau dari rekanan yang mengerjakan. Jangan sampai alam yang dijadikan alibi untuk disalahkan, tandasnya.



Sebelumnya, penandatanganan kontrak kerja dilakukan pada 18 Februari 2022, dengan nilai kontrak 4,6 miliar rupiah lebih untuk pekerjaan ini selama 240 hari kerja. Dan baru pada awal April baru kita mulai pengerjaannya. Untuk memperbaiki dan mengatasi amblasnya jalan raya utama Badami - Loji kata Ridwan, mandor pelaksana dari CV. Alfira kepada revolusinews.id pada Selasa (19/04/'22). 



Dari nilai kontrak yang digelontorkan oleh Pemprov melalui dinas bina marga dan penataan ruang (DBMPR) jabar. Selama 240 hari kerja, untuk dasar atau bawah akan kita buat 40 titik borpell dengan kedalam rata 7 meter yang kemudian kita cor. Sedangkan untuk penguat bagian atas kita gunakan biomembrant dan berundak terangnya. 



Pekerjaan sepanjang kurang lebih 80 meter sebelah selatan jembatan dengan 49 borpell dan 80 meter sebelah Utara jembatan kita buat 35 borpell. Sedangkan untuk badan jalan dilakukan pengerasan cor. Begitu juga untuk bahu jalan dindingnya juga di cor tambahnya. (ryo bewok).

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+