CEO

'Advertisement'
ADVERTISEMENT

UCAPAN RAMADHAN

BREAKING NEWS

Loading...

no-style

Pengrajin Ikan Asin Muara Ciasem Keluhkan Harga Garam Yang Semakin Melonjak

adminrevolusinews.id
5/07/23, 14:00 WIB Last Updated 2023-05-08T11:17:38Z


revolusinews.id SubangDampak cuaca ektrim nampaknya menjadi berkah bagi pengrajin ikan asin di sentra pengrajin ikan asin di Pantura Subang Jawa Barat. Di sentra pengrajin ikan asin Muara Ciasem, Desa Muara, Kecamatan Blanakan, Subang, produksi ikan melimpah. Pasalnya  produksi ikan asin di masa cuaca ektrim  bisa lebih banyak ketimbang musim kemarau biasa.

 
Selain tambah banyak produksi. Hasil kualitas ikan asinnya pun juga cukup bagus. Karena terik sinar matahari lebih panas menyinari ikan asin yang di jemur. 

Udin, salah satu pengrajin ikan asin gesek di pesisir Muara Ciasem mengungkapkan,  dengan kondisi cuaca panas ektrem  seperti ini, produksi penjemuran ikan meningkat ketimbang musim panas sebelumnya.  "Alhamdulillah, sekarang ini bisa lebih banyak produksi, saat ini cuaca bagus proses pengeringan ikan asin tidak lebih dari 1 hari. Namun jika cuaca kurang bersahabat proses pengeringannya 2 sampai 3 hari,   saat ini  memproduksi ikan asin mencapai 4 hingga 5  kwintal lebih selama cuaca ektrim  ini.


Di sentra pengrajin ikan asin Muara Ciasem selain pengrajin ikan gesek juga pengrajin ikan rebusan, bahkan untuk ikan rebusan proses penjemuran ditengah cuaca ektrim hanya  setengah hari ikan rebusan sudah kering, lanjut Udin.


Ditengah cuaca ektrim produksi ikan meningkat, pengrajin ikan asin mengeluhkan harga garam yang semakin melonjak harganya, dari sebelumnya Rp. 4.500 per Kg, kini menjadi Rp.5.500 per Kgnya. (ahd)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Parlementaria

+